Aplikasi dan Telematika

Bidang Aplikasi dan Telematika

Bidang Aplikasi dan Telematika mempunyai tugas membantu Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika di Bidang Aplikasi dan Telematika. serta melaksanakan kebijakan dan Audit teknis Teknologi  informatika damn Komunikasi di bidang aplikasi dan telematika.

Untuk melaksanakan tugasnya, Bidang Aplikasi dan Telematikamempunyai fungsi :

  • Penyiapan perumusan kebijakan di bidang e-government, e-business, perangkat lunak dan konten, pemberdayaan telematika serta audit aplikasi telematika;
  • Pelaksanaan perumusan kebijakan di bidang e-government, e-business, perangkat lunak dan konten, pemberdayaan telematika serta audit aplikasi telematika;
  • Perumusan dan pelaksanaan kebijakan kelembagaan internasional di bidang e-government, e-business, perangkat lunak dan konten, pemberdayaan telematika serta audit aplikasi telematika;
  • Penyusunan standar, norma, pedoman, kriteria, dan prosedur di bidang e-government, e-business, perangkat lunak dan konten, pemberdayaan telematika serta  dan audit aplikasi telematika;
  • Pembangunan, pengelolaan dan pengembangan infrastruktur jaringan  dan manajemen aplikasi sistem informasi pemerintahan pusat dan daerah;
  • Pemberian bimbingan teknis di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi serta  monitoring dan  evaluasi;
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Aplikasi dan Telematika membawahi 3 (tiga) seksi yaitu :

1. Seksi Sistem Informasi Perangkat Lunak dan Konten

Seksi Sistem Informasi Perangkat Lunak dan Konten mempunyai tugas sebagai berikut :

  • Membantu Kepala Bidang di bidang tugasnya
  • Penyiapan, penyusunan rumusan kebijakan, norma, kriteria dan bimbingan teknis, serta evaluasi di bidang interoperabilitas sistem informasi, keamanan sistem informasi.
  • Penyiapan, penyusunan rumusan kebijakan, norma, kriteria dan bimbingan teknis, serta evaluasi di bidang perangkat lunak dan konten.
  • Menyiapkan database untuk pembangunan dan pengembangan sistem informasi yang terdiri dari :

          - Analisa data dan perencanaan pendataan;
          - Pengumpulan data dan perekaman ke system computer;
          - Klasifikasi data (input control)
          - Verifikasi data (output control)

  • Pemberian bimbingan teknis di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi serta pembangunan pengembangan dan pengendalian system informasi di lingkungan Pemerintah Daerah.
  • Pelaksanaan kemutakhiran data yang telah diolah ke komputerisasi guna akurasi  data.
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya

2. Seksi Pemberdayaan Telematika

Seksi Pemberdayaan Telematika mempunyai tugas :

  • Membantu Kepala Bidang di bidang tugasnya;
  • Penyiapan, penyusunan rumusan kebijakan, norma, criteria dan bimbingan teknis serta evaluasi di bidang pemberdayaan telematika daerah dan pemberdayaan usaha telematika
  • Penyiapan bahan dalam rangka perumusan kebijakan di bidang teknologi informasi/telematika
  • Penyiapan bahan dalam penyusunan rencana dan program dalam bidang pembangunan infrastruktur dan pengembangan jaringan komunikasi dan informasi daerah
  • Pembangunan, pengelolaan, pemeliharaan dan pengembangan infrastruktur dan manajemen aplikasi sistem informasi pemerintah daerah
  • Pengkontribusian data melalui jaringan komunikasi data
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya

3. Seksi  Audit Aplikasi dan Telematika

Seksi Audit Aplikasi dan Telematika mempunyai tugas :

  • Membantu Kepala Bidang di bidang tugasnya;
  • Penyiapan, penyusunan rumusan kebijakan, norma, kriteria dan bimbingan teknis serta evaluasi di bidang audit sistem informasi, audit sistem keamanan dan audit konten.
  • Penyiapan prosedur pembangunan & pengembangan system informasi yang mencakup perangkat keras dan perangkat lunak dan jaringan komunikasi
  • Penyusunan standar, norma, pedoman, kriteria dan prosedur di bidang e-government, e-business, perangkat lunak dan konten, pemberdayaan telematika serta audit aplikasi telematika.
  • Penyusunan standar, norma, pedoman, kriteria dan prosedur di bidang e-government, e-business, perangkat lunak dan konten, pemberdayaan telematika serta audit aplikasi telematika.
  • Pelaksanaan perumusan kebijakan standar di bidang e-government, e-business, perangkat lunak dan konten, pemberdayaan telematika serta  audit aplikasi telematika.
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya


 

Berita Perhubungan

        PERJANJIAN KINERJA TAHUN 2017 Dalam rangka mewujudkan manajemen pemerintah yang efektif, transparan dan akuntabel serta berorientasi pada hasil, kami yang bertandatangan di bawah ini :   Nama   &...
LAPORAN AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH DINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PROVINSI SUMATERA SELATAN TAHUN 2016                 ...
          KEPUTUSAN KEPALA DINAS PERHUBUNGAN PROVINSI SUMATERA SELATAN Nomor : SKEP. 57.5/555/ DISHUB   t e n t a n g   PENETAPAN INDIKATOR KINERJA U...
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumsel, Nasrun Umar mengukuhkan pengurus Organda Sumsel masa bakti 2016-2021, di Aula Bina Sarana Dishub Provinsi Sumatera Selatan, Selasa (7/2).Dewan Pertimbangan:Ke...
30 Negara Akan Datang Ke Sumsel PALEMBANG- Sebagai tuan rumah dalam rapat persiapan pelaksanaan Asia Pacific High Level Meeting Bonn Chalengge Landscape Restoration pada tanggal 12 sampai 15 Februari...

Pengumuman

 
       
Dikelola Oleh Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Selatan
webmaster@sumselprov.go.id | (0711) 352 005 | Jln. Kapten A. Rivai No. 51 Palembang, Sumatera Selatan
Copyright@2015 Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan