Pos dan Telekomunikasi

Bidang Pos dan Telekomunikasi

Bidang Pos dan Telekomunikasi mempunyai tugas membantu Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika dalam Bidang Pos, Telekomunikasi dan Monitoring & Evaluasi.

Untuk melaksanakan tugasnya, Bidang Postel dan Monitoring & Evaluasi  mempunyai fungsi :

  • Pengumpulan dan pengolahan data, penyusunan rencana dan Program Pos, Telekomunikasi dan Monitoring & Evaluasi
  • Penyiapan perumusan kebijaksanaan pelaksanaan di Bidang Pos, Telekomunikasi dan Monitoring & Evaluasi
  • Pengkoordinmasian, pengendalian dan pengawasan pelaksanaan Pos, Telekomunikasi dan Monitoring & Evaluasi
  • Melaksanakan Monitoring & Evaluasi  dengan instansi terkait
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Pos dan Telekomunikasi membawahi 3 (tiga) seksi yaitu :

1. Seksi Pos

Seksi Pos mempunyai tugas :

  • Melaksanakan pembinaan terhadap penyelenggaraan perposan, dan standarisasi bidang pos
  • Melaksanakan pembinaan dan pengawasan kegiatan filateli
  • Melaksanakan pengumpulan dan pengelolaan data bidang perposan, dan standarisasi bidang pos
  • Melaksanakan pembinaan terhadap organisasi/asosiasi dibidang pos
  • Melaksanakan Koordinasi, pemantauan dan pendataan hasil pembangunan fasilitas pos untuk daerah perintis/pedesaan
  • Menerbitkan rekomundasi pendirian usaha jasa titipan untuk kantor pusat dan izin pendirian kantor  cabang dan agen usaha jasa titipan
  • Melakukan sosialisasi peraturan dan perundang-undangan dibidang pos
  • Melaksanakan pembinaan dan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota dan instansi terkait dalam kegiatan bidang perposan.
  •  Memfasilitasi pertemuan dengan instansi Pemerintah.

2. Seksi Telekomunikasi

Seksi Telekomunikasi mempunyai tugas :

  • Membantu Kepala Subdin melaksanakan pembinaan dibidang telekomunikasi khusus.
  • Melaksanakan pengawasan terhadap hasil pembangunan fasilitas telekomunikasi.
  • Melaksanakan pembinaan terhadap lembaga pendidikan radio elektronika.
  • Melaksanakan pembinaan terhadap operator seluler.
  • Melaksanakan pembinaan, pendataan dan pemantauan pembangunan fasilitas telekomunikasi perintis (USO).
  • Pemberian izin amatir radio (IAR) dan pengamanan perangkat radio amatir (PPRA), izin komunikasi radio antar penduduk (IRAP) dan izin penggunaan alat perangkat komunikasi radio antar penduduk (IPPKRAP).
  • Melaksanakan ujian kecakapan amatir radio.
  • Pemberian izin galian untuk keperluan pergelaran kabel telekomunikasi lintas Kabupaten/Kota atau jalan Provinsi.
  • Pengawasan layanan jasa telekomunikasi.
  • Pemberian izin Kantor Cabang dan loket pelayanan operator.
  • Pemberian bimbingan teknis dibidang standar telekomunikasi tehnik komunikasi radio.
  • Pemberian izin penyelenggaraan telekomunikasi khusus untuk keperluan Pemerintah dan Badan Hukum yang cakupan areanya Provinsi.
  • Pemberian rekomundasi terhadap permohonan izin penyelenggaraan jaringan tetap lokal wireline (end to end) cakupan Provinsi.

3. Seksi Monitoring dan Evaluasi Postel

Seksi Monitoring dan Evaluasi Postel mempunyai tugas :

  • Melaksanakan perifikasi izin stasiun radio.
  • Melaksanakan monitoring penggunaan frekwensi radio.
  • Melaksanakan inspeksi instalasi alat/perangkat yang menggunakan spektrum dan kesesuaian standarnya.
  • Pengelolaan sarana dan prasarana monitoring frekwensi radio.
  • Pembinaan terhadap pembangunan tower.
  • Melaksanakan koordinasi dengan pihak terkait kegiatan pelaksanaan monitoring.
  • Melaksanakan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan Bidang Postel dan Monitoring Evaluasi.
  • Membuat Laporan  terhadap hasil evaluasi Bidang Postel dan Monitoring Evaluasi.
  • Pelaksanaan pengelolaan dan pelayanan informasi publik di bidang Politik, Hukum dan Keamanan.
  • Pelaksanaan pengelolaan dan pelayanan informasi publik bidang perekonomian dan kesejahteraan rakyat.
  • Pelaksanaan pengelolaan pendapat umum.


 

Berita Perhubungan

        PERJANJIAN KINERJA TAHUN 2017 Dalam rangka mewujudkan manajemen pemerintah yang efektif, transparan dan akuntabel serta berorientasi pada hasil, kami yang bertandatangan di bawah ini :   Nama   &...
LAPORAN AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH DINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PROVINSI SUMATERA SELATAN TAHUN 2016                 ...
          KEPUTUSAN KEPALA DINAS PERHUBUNGAN PROVINSI SUMATERA SELATAN Nomor : SKEP. 57.5/555/ DISHUB   t e n t a n g   PENETAPAN INDIKATOR KINERJA U...
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumsel, Nasrun Umar mengukuhkan pengurus Organda Sumsel masa bakti 2016-2021, di Aula Bina Sarana Dishub Provinsi Sumatera Selatan, Selasa (7/2).Dewan Pertimbangan:Ke...
30 Negara Akan Datang Ke Sumsel PALEMBANG- Sebagai tuan rumah dalam rapat persiapan pelaksanaan Asia Pacific High Level Meeting Bonn Chalengge Landscape Restoration pada tanggal 12 sampai 15 Februari...

Pengumuman

 
       
Dikelola Oleh Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Selatan
webmaster@sumselprov.go.id | (0711) 352 005 | Jln. Kapten A. Rivai No. 51 Palembang, Sumatera Selatan
Copyright@2015 Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan